Late post.
SMA Negeri 4 Pangkalpinang menggelar Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) beserta Gladian Bantara Pramuka Gugus Depan 06.109-06.110 pada Rabu, 2 Oktober 2024 sampai dengan Kamis, 3 Oktober 2024 di Pantai Pasir Padi, Kota Pangkalpinang. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin oleh ekstrakurikuler pramuka yang dibina oleh Suwartono dan Meity Riskia.
Setiap tahunnya, Suwartono dan Meity Riskia akan mengajak siswa dari kelas sebelas dan dua belas untuk memperkenalkan kepramukaan kepada siswa dari kelas sepuluh yang baru bergabung ke SMA Negeri 4 Pangkalpinang. Tujuannya adalah memperdalam wawasan siswa kelas sepuluh tentang kepramukaan melalui pembentukan karakter, sehingga mereka memiliki ketertarikan untuk bergabung dalam ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri 4 Pangkalpinang.
Setelah mengikuti Penerimaan Tamu Ambalan (PTA), barulah siswa tersebut resmi dilantik sebagai Pramuka Penegak yang dapat menjadi anggota dari Ambalan Depati Bahrin dan Hamidah Gugus Depan 06.109-06.110, Pangkalan SMA Negeri 4 Pangkalpinang. Selanjutnya pada waktu bersamaan, siswa juga mengikuti Gladian Bantara atau Glantar.
Glantar merupakan kegiatan penguatan karakter agar siswa siap mencapai tingkat kepramukaan selanjutnya, yaitu Pramuka Penegak Laksana. Lebih lanjut, Nabila Citra selaku Pradana Putri menjelaskan, “Gladian Bantara atau Glantar menjadi ajang evaluasi bagi Pramuka Penegak Bantara untuk memastikan ilmu yang diterima selama ini dapat dipahami, dikuasi, dan dikembangkan.”
Sehubungan dengan susunan acara, Pulungan Nusa Palapa Siregar selaku Pradana Putra menjelaskan bahwa kegiatan berlangsung selama dua hari. “Pertama-tama, kami berkumpul untuk melakukan registrasi peserta. Peserta yang telah berkumpul mulai mendirikan tenda. Setelah itu, upacara pembukaan dilangsungkan dengan sambutan dari Kamabigus (red/Siti Rofiqoh). Selesai pembukaan, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi kepramukaan oleh pembina serta hiking yang mencakup pos materi dan pos permainan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *