Minggu, 9 Juni 2024: Lomba Kreasi Telor Seroja, SMA Negeri 4 Pangkalpinang Memperkenalkan Kearifan Lokal melalui Seni Kriya

SMA Negeri 4 Pangkalpinang turut meramaikan Festival Pasir Padi V atau Festival Peh Cun yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang di Kawasan Pantai Pasir Padi, Kota Pangkalpinang, pada Minggu, 9 Juni 2024. Setibanya di lokasi, civitas academica dari SMA Negeri 4 Pangkalpinang sibuk mempersiapkan diri, khususnya Tim Creative SMAPA (Cresma). Pada pukul 10.30 WIB, Tim Cresma—yang beranggotakan dua orang peserta didik berjenis kelamin putra serta tiga orang peserta didik berjenis kelamin putri—menata telur demi telur sesuai dengan tema untuk lomba kreasi telor seroja. Dalam balutan baju kurung berwarna biru muda, Tim Cresma menampilkan perpaduan antara telor seroja, kerito surong, dan nol kilometer.

Anastasya Syakirina selaku juru bicara dari Tim Cresma mengaku bahwa Tim Cresma ingin memperkenalkan telor seroja, kerito surong, dan nol kilometer sebagai kearifan lokal dari Kepulauan Bangka Belitung melalui kreativitas. Ketika penilaian, Anastasya Syakirina memberikan penjelasan kepada juri terkait persiapan timnya, “Menurut kami, tangkai telor seroja berwarna-warni melambangkan berbagai macam perbedaan yang ada di Kepulauan Bangka Belitung, seperti etnis melayu dan etnis tionghoa. Untuk perlombaan ini, kami membutuhkan waktu selama setengah hari dengan biaya sebesar Rp250.000,00 sampai dengan Rp300.000,00.”

Sehabis presentasi, telor seroja yang dikreasikan oleh Tim Cresma bersama telor-telor yang dikreasikan oleh tim lain diikutsertakan dalam Parade Thong Ngin Fan Ngin Jit Jong mengelilingi Kawasan Pantai Pasir Padi.

SMA Negeri 4 Pangkalpinang juga membuka stan seni dalam Festival Pasir Padi V atau Festival Peh Cun ini. Stan yang diposisikan di Kios Suvenir Pantai Pasir Padi tersebut berisikan seni kriya ciptaan peserta didik dari SMA Negeri 4 Pangkalpinang, antara lain lukisan tentang objek-objek wisata di Kepulauan Bangka Belitung dan kerajinan tangan olahan batok kelapa bermotif dulang khas Kepulauan Bangka Belitung. Kehormatan bagi SMA Negeri 4 Pangkalpinang ketika stannya dikunjungi secara langsung oleh Pj Walikota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan.

By admin

One thought on “Lomba Kreasi Telor Seroja, SMA Negeri 4 Pangkalpinang Memperkenalkan Kearifan Lokal melalui Seni Kriya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *