Senin, 10 Juni 2024: Festival Peh Cun oleh Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang, SMA Negeri 4 Pangkalpinang Menang Lomba Formasi Mendirikan Telur

Untuk menutup Festival Pasir Padi V atau Festival Peh Cun yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang, SMA Negeri 4 Pangkalpinang mempersembahkan tari dambus pada Senin, 10 Juni 2024 di Panggung Pantai Pasir Padi. Tari dambus sendiri merupakan salah satu tari tradisional khas Kepulauan Bangka Belitung yang ditampilkan dengan iring-iringan alat musik petik berbentuk rusa atau kijang dari bahan kayu yang bernama dambus.

Jika dibandingkan dengan kesenian lain, tari dambus memiliki keunikan. Tidak hanya diiringi oleh musik, tari dambus juga diiringi dengan lantunan pantun. Kesenian yang dipersembahkan oleh peserta didik binaan Andi Kaharudin dan Meiliana Pitriani ini merupakan hasil kerja sama antara SMA Negeri 4 Pangkalpinang dan Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung dalam Program Revitalisasi Sastra Lisan Dambus di Kota Pangkalpinang Tahun 2023.

Sebelum penutupan, SMA Negeri 4 Pangkalpinang sempat mengikuti lomba formasi mendirikan telur. Perlombaan ini diselenggarakan sebagai upaya pelestarian tradisi dan kebudayaan dari orang Tionghoa di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Orang Tionghoa percaya bahwa pendirian telur akan memberikan berkah dari langit.

Secara teknik, telur yang digunakan dalam pendirian telur adalah telur mentah. Pendirian telur-telur tersebut harus dilakukan ketika matahari berada pada posisi yang sejajar dengan bumi. Waktu tersebut dipilih karena adanya gaya tarik-menarik antara matahari dan bumi. Sehubungan dengan teknis pelaksanaan, tujuh peserta didik yang mewakili SMA Negeri 4 Pangkalpinang pun berusaha mendirikan telur demi telur dengan gigih. Alhasil, SMA Negeri 4 Pangkalpinang berhasil meraih Juara II.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *